Gampong Di Babahrot Latih Komputer Kepada Masyarakat - OBJEKTIF id

Mobile Menu

Powered by Blogger.

Advertisement

Top Ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

logoblog

Gampong Di Babahrot Latih Komputer Kepada Masyarakat

Monday, October 29, 2018
Pemerintah gampong (desa) Cot Seumantok kecamatan Babahrot kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan pelatihan sistem pengoperasian komputer bagi masyarakat setempat yang berlangsung selama satu bulan penuh, hal ini digelar di salah satu ruko disana, Senin (29/10/2018).

Pelatihan yang umumnya diikuti peserta dari pemuda dan pemudi disana tersebut dilaksanakan sejak hari ini tanggal 29 Oktober 2018 sampai dengan 28 November 2018.

Keuchik Cot Seumantok, Bahagia mengatakan pelatihan sistem pengoperasian komputer ini dengan menggunakan dana desa yang telah di rencanakan melalui program pemberdayaan masyarakat tahun 2018. Diharapkan, dengan pelatihan itu bagi pemuda dan pemudi gampong Cot Seumantok memiliki daya saing dengan mengusai teknologi di era digital ini.

"Kegiatan dana desa bidang  pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan sumberdaya manusia. Pemerintah Desa Cot Seumantok mengadakan kegiatan pelatihan komputer dengan tujuan meningkatkan ketrampilan bagi mereka," ungkap Keuchik Cot Seumanto, Bahagia.

Dalam hal pelatihan ini, peserta diajarkan ilmu dasar pengoperasian komputer. Dengan dimiliki ilmu dasar tersebut, kedepan para peserta sudah lebih mudah jika melanjutkan pelatihan ditempat yang lebih berkapasitas, sehingga para peserta ini nantinya telah siap jika harus berhadapan dengan teknologi.

"Walaupun tempat pelatihan ini ruko dan harus dibayar sewa, tapi yang penting mereka bisa menerima materi MS Word dan MS Excel  yang disampaikan pembimbing," ujar Bahagia.

Sambungnya, ia merasa sangat bangga jika semua peserta mampu mengoperasikan komputer. “Senang bisa memberikan pengetahuan IT serta belajar komputer bagi masyarakat dan warga, kalau kursus biayanya sudah berapa. Di desa semuanya gratis, dengan sumber anggaran Dana Desa," jelas Keuchik Bahagia dalam sambutannya.

Kegiatan pelatihan komputer tersebut diikuti sebanyak 60 peserta, dari sejumlah itu teknis pelatihan nya dilakukan dibagi dalam 4 kelas agar lebih maksimal.

"Bagi yang dinyatakan lulus, akan kita berikan sertifikat kemampuan," katanya.

Pelatihan sistem pengoperasian komputer itu dibuka oleh Camat Babahrot yang diwakili oleh Kasie Pemerintah, Safrizal, S.AP, MAP. Dalam sambutannya menyampaikan program tersebut sangat bermanfaat jika dapat diikuti dengan serius.

"Karena program ini sangat baik dan bermanfaat bagi peserta. Apa lagi pelatihannya berada di gampong kita disamping rumah kita. Rugi jika kita tidak yakin dan tidak serius untk mengikutinya. Ilmu sangat penting," tegasnya.

Begitu halnya disampaikan Said Fahmi, Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) kecamatan Babahrot memberikan motivasi bagi pemuda-pemudi setempat, bahwa pendidikan ilmu teknologi yang dicanangkan pemerintah gampong sangat membantu untuk meningkatkan skill bagi masyarakat.

"Kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh pemerintahan gampong Cot Seumantok merupakan salah satu program  pemberdayaan yang dapat meningkatkan skill bagi pemuda-pemudi, dan membantu masyarakat gampong untuk memahami  dan mempelajari  tentang internet dan komputer, sekarang pendidikan dipersulit dengan biaya, maka dari itu dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa belajar bersama untuk memperdalam ilmu-ilmu komputer dan internet secara gratis," ujar Said Fahmi.

Jadi, tambah Said, menghadapi era global sekang ini, masyarakat dituntut agar bisa mengimbanginya, yaitu dengan pelatihan komputer seperti halnya yang dilakukan pemerintah gampong disana, tujuannya agar pemuda-pemudi sama belajar dan tidak gagap teknologi (Gaptek).

"Gaptek diharapkan tidak ada lagi di zaman sekarang, pengaruh globalisasi terhadap kehidupan semakin pesat, tekunlah untuk belajar," tutup Said.