Abdya Target Pecahkan Rekor MURI Rapa Ie Geleng - OBJEKTIF id

Mobile Menu

Powered by Blogger.

Advertisement

Top Ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

logoblog

Abdya Target Pecahkan Rekor MURI Rapa Ie Geleng

Saturday, January 12, 2019
Istri Bupati kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Ida Agustina menargetkan seni dan budaya di negeri Breuh Sigupai mampu menaklukkan dunia ke depan, hal tersebut disampaikannya dalam diskusi kecil bersama sejumlah staf ahli Bupati di pendopo setempat, Sabtu (12/1/2019).

Gagasannya untuk menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Aceh ini memang telah lama diimpikan istri Bupati Abdya Akmal Ibrahim itu, namun semangatnya untuk melaksanakan nya ia berharap dapat terealisasi tahun ini.

"Sudah sejak periode pertama pak Akmal Bupati Abdya saya berniat mengembangkan Rapa Ie geleng, tapi saat itu ada berbagai macam kendala, dan tahun ini rencananya Rapa Ie geleng menjadi sebagai pemecah rekor di dunia," ungkap Ida Agustina.

Impian Ida Agustina menjadikan "Abdya di Teei Lhe Donya" dalam bidang seni tari yakni tari Rapa Ie geleng budaya Aceh itu pun telah dipersiapkan jauh-jauh hari dalam berbagai bidang, termasuk anggaran yang dibutuhkan sebagai pendukung kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 mendatang.

"Insya Allah anggaran untuk kebutuhan kegiatannya sudah ada, sedangkan biaya pengadaan Rapa ie dan pakaian seragam anggota tari akan diadakan melalui desa," ujarnya.

Dalam hal persiapan tersebut, kepada staf ahli Bupati Abdya Affan Ramli dan Kamaruzzaman, Ketua PKK Abdya ini juga meminta agar segera menyiapkan teknis pelatihan bagi peserta tari yang direncanakan mencapai 2.000 peserta dari seluruh desa di Abdya.

"Teknis latihannya silahkan diatur, harapan mulai bulan Maret sudah start latihan, karena penampilannya akan ditampilkan pada saat perayaan HUT RI ke-74 mendatang," ucap Ketua PKK Abdya.

Rapa ie geleng Abdya yang ditargetkan sebagai pemecah Rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), Ida Agustina mengatakan tentu harus dipersiapkan sejak sekarang, karena ini merupakan target yang besar, sehingga persiapan nya pun tentu harus matang.

"Kita harus menyiapkan nya sejak sekarang," katanya.

Selain untuk mencapai sebagai pemecah rekor, Rapa ie geleng juga diharapkan sebagai wadah bagi pemuda di desa-desa menjadikan ajang silaturahmi dan membangun kekompakan ke arah positif antar sesama generasi.

"Tujuan nya juga agar generasi muda terhindar dari narkoba, dengan kita libatkan mereka (pemuda) dalam kesenian ini maka juga akan terhindar dari perbuatan yang menyimpang," tutur Ida Agustina.

Begitu juga terhadap pemerintah daerah, dengan adanya kegiatan seperti Rapa ie geleng, Seudati, Poe dan kesenian lainnya, maka akan berdampak baik bagi daerah itu sendiri.

"Dengan program ini kita harapkan kabupaten Aceh Barat Daya lebih berkembang di bidang seni dan budaya," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, selain Ketua PKK Abdya Ida Agustina dan staf ahli bupati Abdya, Affan Ramli, Kamaruzzaman, juga hadir vokalis grup musik Aceh Apache13, Nazar Shah dan pemerhati budaya Aceh, Ade Al Kautsar.