KBI Aceh Gelar Talkshow, Generasi Millenial Diharapkan Selektif Gunakan Medsos - OBJEKTIF id

Mobile Menu

Powered by Blogger.

Advertisement

Top Ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

logoblog

KBI Aceh Gelar Talkshow, Generasi Millenial Diharapkan Selektif Gunakan Medsos

Sunday, February 10, 2019
Talk show Pancasila dan Lomba Menulis Kreatif yang dilaksanakan Komunitas Bela Indonesia (KBI) provinsi Aceh mengajak generasi millenial kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) agar menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, hal ini disampaikan Koordinator KBI Aceh di hadapan puluhan peserta di Aual Dinas Kesehatan Abdya, Minggu (10/2/2019).

Materi yang disampaikan dalam kesempatan itu menyangkut dasar-dasar Pancasila yang selama ini banyak yang mengabaikan, sehingga pentingnya pencerdasan terhadap generasi muda Indonesia dalam riak-riak politik yang terjadi saat ini.

Para generasi millenial diharapkan dapat menyaring terhadap informasi yang didapatkan, sehingga para pemuda-pemudi Indonesia ini tidak ikut terlibat dalam hal menyampaikan informasi yang tidak benar dengan cara lebih selektif menggunakan media sosial.

"Kita berharap generasi millenial ini lebih cerdas menyaring informasi, jangan sampai ikut menyebarkan informasi hoax," ungkap Koordinator PBI Aceh, Taufik Riswan.

Tujuannya untuk melihat bagaimana respons kaum melinial seperti pemuda, mahasiswa dan pelajar terhadap Pancasila. Sekaligus mengajak mereka untuk terlibat aktif dan mengambil peran postif untuk menarasikan nilai-nilai positif Pancasila melalui media sosial.

"“Pancasila sebagai konsesnsus dan ideologi negara yang dipilih oleh para pendiri bangsa, kita berharap terus menjadi perekat keragaman multikultur, etnis, ras, agama, sosial budaya dan kepulauan nusantara,” sebut Taufik.

Komunitas Bela Indonesia ini kata Taufik, diinisiasi oleh Jenderal Polisi Tito Karnavian dan  Prof. Nasruddin Umar serta Dr. Denny Januari Ali dengan tujuan membangun partisipasi masyarakat menciptakan Indonesia aman, damai, sejahtera dan menjadi rumah kita bersama. Saat ini Komunitas Bela Indonesia sudah memiliki 1.000 Juru Bicara Pancasila yang tersebar di seluruh Indonesia.

"KBI Aceh terbentuk dari proses pelatihan Juru Bicara Pancasila, di mana pesertanya diseleksi dan dianggap memiliki latar belakang pengalaman organisasi, penulis dan aktivis sosial yang peduli terhadap keindonesiaan, kemanusiaan dan menolak radikalisme, ekstremisme berkekerasan dan terorisme," ucapnya.

Acara yang bertemakan “Indonesia Rumah Kita Bersama” tersebut dengan menghadirkan tiga narasumber utama, selain Taufik Riswan (aktivis NGO/Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh), Azharul Husna (aktivis perempuan dan KontraS Aceh), dan Syah Bakri (Ketua Forum Rakyat Kota Meulaboh).