Tahun 2019 RSUTP Abdya Pengadaan Alat CT Scan - OBJEKTIF id

Mobile Menu

Powered by Blogger.

Advertisement

Top Ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

logoblog

Tahun 2019 RSUTP Abdya Pengadaan Alat CT Scan

Wednesday, March 20, 2019
Dalam hal meningkatkan pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat, Badan Layanan Umum (BLU) Rumah Sakit Teungku Peukan (RSUTP) kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan menyediakan alat pemeriksaan Computerized Tomography (CT) Scan.

Pengadaan alat kesehatan CT Scan diungkapkan Kepala Bidang Penunjang Medis BLU RSUTP Abdya, Afrida Surya pada Selasa 19 Maret 2019 diruang kerjanya.

Menurutnya, saat ini BLU RSUTP Abdya membutuhkan alat tersebut agar seketika pasien membutuhkan pemeriksaan seperti diagnosis kelainan otot dan tulang, seperti tumor atau keretakan pada tulang, menentukan lokasi tumor, infeksi, atau bekuan darah. Memandu prosedur medis ketika melakukan operasi, biopsi, atau terapi radiasi. Sehingga pasien tidak harus dirujuk ke Rumah Sakit Zainal Abidin di Banda Aceh seperti selama ini terjadi.

Namun pihak RSUTP Abdya saat ini sedang melakukan upaya pengadaan alat kesehtan canggih tersebut dengan harga mencapai 6 miliar rupiah. Anggaran tersebut bersumber dari  Dana Alokasi Dana Khusus (DAK) tahun 2019.

“Alat scan kepala sudah kita pesan, dan Insyaallah di tahun 2019 ini kita sudah memiliki alat scan tersebut,” ungkap Kepala Bidang Penunjang RSUTP Abdya, Afrida Surya.

Selama ini, dikatakannya memang belum tersedia alat CT Scan disana, hal ini dikarenakan dokter spesialis yang membidangi CT Scan belum tersedia sejak 2017 lalu. Tapi dokter spesialis pun sudah tersedia.

Selain untuk kebutuhan pemeriksaan fisik pasien yang selama ini menjadi kendala pihak rumah sakit, pengadaan CT Scan ini juga sebagai peningkatan tipe rumah sakit, dengan tersedianya alkes yang memadai, salah satu nya CT Scan, maka untuk peningkatan dari Akreditasi C bisa menjadi Akreditasi B pun sudah didukung oleh syarat-syarat yang harus diperhatikan.

“Ditahun 2018 lalu, RSUTP Abdya sudah memiliki Dokter Spesialis, maka dari itu sudah sepatutnya kita mempunyai CT Scan, apalagi rumah sakit kita sedang dalam masa persiapkan ke tipe B,” dijelaskan Kabid, Afrida Surya.